Dalam upaya mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN memperkenalkan konsep baru fitur Home Charging Services yang lebih inovatif dan efisien melalui aplikasi PLN Mobile. Bersama dengan PT. BYD Motor Indonesia, salah satu pemain utama dalam industri kendaraan listrik di Indonesia, secara eksklusif sosialisasi ini diluncurkan di booth BYD pada hari pertama ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, di Hall 6, ICE BSD. Upaya ini secara aktif dilakukan untuk mendukung adopsi kendaraan listrik yang lebih masif di tanah air.
Peluncuran fitur baru ini merupakan bagian dari upaya strategis PLN untuk mendorong literasi masyarakat terkait infrastruktur kendaraan listrik dan mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Dengan pembaruan ini, PLN tidak hanya memberikan solusi praktis bagi pelanggan, tetapi juga memperkenalkan transformasi digital yang mendukung kemajuan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Seluruh proses layanan Home Charging, mulai dari pengajuan hingga pemasangan, kini dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile.
PLN memperkenalkan empat keunggulan utama melalui fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile yang dirancang untuk mempermudah layanan Home Charging bagi pelanggan. Pertama, proses pengajuan layanan kini dapat dilakukan langsung dari aplikasi tanpa perlu datang ke kantor PLN. Kedua, pelanggan diberikan fleksibilitas untuk memilih jadwal pemasangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ketiga, pembayaran digital yang terintegrasi memungkinkan transaksi yang cepat, aman, dan transparan. Keempat, fitur tracking progress memungkinkan pelanggan memantau status layanan secara real-time, mulai dari pengajuan hingga instalasi selesai.
“Konsep baru ini dirancang untuk memberikan kenyamanan yanag lebih maksimal sekaligus mendukung adopsi kendaraan listrik secara lebih luas di Indonesia. Melalui inovasi ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat mengakses layanan Home Charging dengan mudah, cepat, dan transparan. Kolaborasi dengan BYD juga memperkuat komitmen kami untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kokoh di Indonesia, dimana tidak hanya kendaraan listrik yang semakin mudah diakses, tetapi juga infrastruktur pengisian daya yang mendukungnya” ujar Fikri Praditya, Manager Pelayanan Pelanggan BUMN PT PLN (Persero)
Inovasi untuk Pelanggan Kendaraan Listrik yang Lebih Praktis dan Efisien
Melihat kebutuhan konsumen pengguna kendaraan listrik, kenyamanan dan kemudahan dalam mengelola kebutuhan pengisian daya adalah hal yang sangat penting. PLN memahami hal ini dan terus berkomitmen untuk mendukung percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia melalui berbagai inovasi layanan. Dengan fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile, layanan Home Charging kini semakin praktis, fleksibel, dan transparan. Pembaruan ini mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan dan memperkuat ekosistem kendaraan listrik yang terus berkembang di Indonesia.
Kini, proses pengajuan layanan Home Charging menjadi lebih mudah berkat fitur digital baru yang tersedia di aplikasi PLN Mobile. Pelanggan tidak perlu lagi secara langsung datang ke kantor PLN untuk memulai pengajuan. Cukup dengan beberapa langkah prosedur sederhana di aplikasi, proses pengajuan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien dari mana saja. Dengan kemudahan ini, pelanggan bisa langsung mengatur kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.
Fitur pembayaran digital juga menjadi salah satu inovasi utama yang semakin menyederhanakan transaksi. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi PLN Mobile dengan cepat, aman, dan transparan. Tidak perlu lagi melalui prosedur yang rumit atau antri di tempat pembayaran. Sistem pembayaran yang terintegrasi ini menjadikan seluruh proses lebih efisien dan memberikan rasa aman, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan yang lebih modern dan praktis.
Untuk memastikan transparansi dan kepuasan pelanggan, PLN menghadirkan fitur tracking progress yang memungkinkan pelanggan untuk memantau status layanan mereka secara real-time. Pelanggan dapat dengan mudah mengikuti perkembangan layanan Home Charging, mulai dari pengajuan hingga instalasi selesai. Fitur ini memberikan informasi yang jelas dan terkini, memberikan rasa percaya dan kepuasan lebih terhadap layanan yang diberikan oleh PLN.
Selain pengajuan yang mudah, pelanggan kini dapat menentukan jadwal pemasangan yang paling sesuai dengan waktu luang mereka. Fitur penjadwalan pemasangan ini memberikan fleksibilitas, memungkinkan pelanggan untuk memilih waktu yang tidak mengganggu aktivitas harian. Dengan cara ini, pemasangan Home Charging dapat dilakukan dengan lebih terencana, memastikan kenyamanan pelanggan dalam setiap langkah layanan.
